-->

Pengertian Teknik Struktur Bangunan Itu Apa?



Indikator Pemikiran | Teknik Sipil bagian Struktur Bangunan atau bisa disebut Teknik Struktur Bangunan adalah salah satu cabang atau penjurusan bagi seseorang yang berkuliah pada jurusan Teknik Sipil dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan atau biasa disebut (FTSP). Teknik sipil merupakan teknik tertua yang ada pada peradaban manusia loh gan.

Sebenarnya Penjurusan dalam Teknik Sipil sudah diajarkan sebagian dalam Sekolah Menengah Kejuruan Teknik bangunan, tetapi tidak selengkap dan sedetail saat perkuliahan nantinya. Jadi jika anda ingin melanjutkan atau mengambil Program Jurusan teknik sipil dan apalagi ambil Keahlian Struktur bangunan, alangkah baiknya anda membaca sedikit tentang artikel ini.

Kebanyakan dari Teknik struktur bangunan ini lebih menjurus kepada infrastruktur sipil seperti halnya antara lain:
  1. Pembangunan gedung.
  2. Pembangunan jembatan.
  3. Pembangunan kemiliteran seperti (pangkalan militer).
  4. Pembangunan jasa publik.
Adapun beberapa persyaratan bangunan yang harus dipenuhi adalah :
 Pengertian Teknik Struktur Bangunan Itu Apa?
  1. Kekuatan : Dimaksudkan adalah bangunan harus mengandung struktur yang mampu menahan seluruh beban yang ada dari dalam gedung ataupun dari luar gedung tersebut tanpa mengalami adanya kerusakan yang berarti.
  2. Kekakuan : Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah berkaitan dengan (defleksi, rotasi, translasi) yang dialami struktur selama mendukung beban.
  3. Kenyamanan : Bangunan juga harus berfungsi dengan baik sebagaimana fungsi utama bangunan tersebut didirikan. Sehingga tidak mempengaruhi kinerja dan aktifitas kehidupan disekitarnya.
  4. Keawetan : Dalam perencanaan pembangunan gedung biasanya harus mempunyai umur taksiran dalam perhitungan pembangunan gedung tersebut. Keawetan disini dimaksudkan adalah Masa selama umur rencana masih ada, gedung harus mampu bekerja dengan baik dalam fungsinya, dari mulai menahan beban, dalam segi kekakuan juga demikian.
  5. Adanya sistem Operasional dan Perawatan : selain umur rencana dalam suatu bangunan akan ada namanya skala perawatan, biasanya dilakukan dalam jangka waktu berkala seperti bulanan, tahunan, atau per 5 tahunan.
Dalam Pelajaran Teknik Struktur Bangunan nantinya akan ada beberapa analisis yang kalian harus kuasai seperti :
  1. Analisis Struktur
  2. Mekanika Bahan
  3. Struktur Beton Bertulang
  4. Struktur Baja
  5. Struktur kayu
  6. Mekanika Tanah
  7. Teknik Fondasi
  8. Bahan Bangunan
  9. Analisis Dinamik dan Ilmu Gempa
  10. Peraturan (standar) yang berlaku
Dan Pengetahuan tambahan agar tidak salah dalam perencanaan sebagai acuan adalah sebagai berikut ini :
  1. Elektrikal
  2. Sanitasi
  3. Teknik peenyehatan
  4. Plumbing / perpipaan
  5. Drainasi
  6. Pengaturan udara
  7. Konservasi lingkungan, dll.
Demikian sedikit penjelasan tentang Pengertian Teknik Struktur Bangunan dan apa saja yang berkaitan dengan Teknik Struktur Bangunan tersebut. Kita akan melakukan pembahasan lebih lanjut lagi terhadap struktur bangunan, jika ingin tulisan terbaru masuk dalam email anda, jangan lupa subscribe blog kami. Semoga bermanfaat untuk artikel Teknik Struktur Bangunan.
Terimakasih.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Teknik Struktur Bangunan Itu Apa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel