-->

BMKG prediksi bencana Tsunami di Zona Megathrust

BMKG prediksi bencana Tsunami di Zona Megathrust
Indikator Pemikiran | baru baru ini kabar mengejutkan di sampaikan oleh Badan  Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa di Indonesia khususnya Zona Megathrust di wilayah Sumatera Barat sampai Jawa akan terjadi Tsunami. Hal ini di karenakan Lempeng India - Australia mengalami penunjaman ke bawah lempeng benua Eurasia dengan kecepatan 50 milimeter hingga 60 milimeter per tahun.

Telah diberitakan bahwa ada Aktivitas gempa di wilayah sumatera barat tercatat sampai 6 April 2018. Aktivitas gempa ini terjadi sebanyak 11 kali di mentawai dengan Magnitude 4,3 Skala Ritcher dengan kedalaman 33 kilometer.

BMKG meprediksikan jika gempa 8 sampe 9 Skala Ritcher di zona megathrust mentawai sampai terjadi maka guncangannya akan mencapai sampai 6 hingga 7 MMI sampai didaratan dan berkemungkinan besar akan menimbulkan air pasang laut atau biasa dikenal dengan tsunami.

Tsunami adalah peristiwa naiknya permukaan air laut karena pergeseran lempeng teknotik pada dasar bumi. Dengan bertemunya India-Australia dan lempeng Eurasia ini mengakibatkan benturan lempeng satu sama lain yang mengakibatkan gempa.

Wlaupun berita ini sempat menghebohkan netizen akan tetapi BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada dan jangan panik untuk berbuat seenaknya. Tetap patuhi peraturan yang ada. BMKG juga menilai ini hanya sebatas teoritis apa dampak paling tidak diinginkan jika semua itu sesuai prediksi mereka.

Mengingat tsunami Aceh pada tahun 2004 silam oleh karena itu, kita berdoa saja semoga tidak terjadi apa - apa dan indonesia tetap dalam kondisi yang aman dan tentram.

Demikianlah info dari Indikator Pemikiran tentang artikel JUDUL POST, semoga info ini bermanfaat untuk anda. Dan jika anda menyukai artikel ini jangan lupa klik like and subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru dari Indikator Pemikiran.
Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BMKG prediksi bencana Tsunami di Zona Megathrust"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel